Tuesday, January 1, 2019

Begini Sikap Lilin Yang Paling Benar


Bagaimana Sikap Lilin yang Benar ?

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai Sikap Lilin Yang Benar
Di postingan saya sebelum membahas Sikap Lilin Yang Benar saya telah membahas terlebih dahulu bagaimana cara melakukan sikap kayang pada olahraga senam lantai kan
cara melakukan sikap lilin dari sorotguru
cara melakukan sikp lilin
Gambar 1 sikap lilin (angalul.com)
Giliran sekarang cara melakukan sikap lilin yang benar ya
Simak ulasan berikut ini:

1.    Sikap lilin itu apa ?

            Pertama-tama saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian dari sikap lilin  itu sendiri sebelum masuk ke topik utama yaitu cara melakukan sikap lilin yang benar. Pengertian sikap lilin sendiri adalah salah satu gerakan senam lantai dan sikap lilin merupakan sikap tidur terlentang lalu mengangkat kedua kaki secara berbarengan, keadaan pinggang ditopang oleh kedua tangan dan posisi pundak tetap menempel pada lantai. Menurut sumber lain: Sikap lilin merupakan bagian dari keterampilan gerak dasar dalam senam lantai. Sikap lilin adalah sikap yang dilakukan dari posisi tidur terlentang, kemudian mengangkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan menopang pinggang dan dapat bertahan pada posisi tersebut selama beberapa saat.
            Gerak sikap lilin adalah sebuah keterampilan dasar yang ada dalam senam lantai, gerak sikap lilin yang baik dimulai dengan tidur terlentang,kemudian mengangkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan menopang pinggang dan dapat bertahan pada posisi tersebut selama beberapa saat. Sedangkan gerakan sikap lilin yang salah adalah pinggang hanya ditopang dengan ibu jari, kedua kaki condong kebelakang dan kedepan sehingga berat untuk di topang dan tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama, penempatan sikusiku tangan terlalu keluar dari garis lebar badan, tidak atau kurang bertumpu pada pundak.

2.    Apa tujuan melakukan sikap lilin ?

            Tujuan senam lantai sikap lilin adalah untuk melatih keseimbangan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu juga senam lantai merupakan salah satu dasar untuk senam kategori lainnya. Namun sebelum melakukan senam lantai sikap lilin, pastikan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu

3.    Unsur yang mempengaruhi dalam sikap lilin

            Dalam proses belajar keterampilan senam lantai, disamping teknik gerakan, perlu ditunjang oleh unsur-unsur kemampuan tubuh yang meliputi kekuatan, kecepatan, kelentukan, keseimbangan, daya tahan, daya tolak, reaksi, koordinasi dan kelincahan. Tidak semua unsur-unsur kemampuan gerak ini berpengaruh pada suatu gerakan tertentu seperti gerakan sikap lilin. Dari berbagai macam unsur tubuh tersebut, unsur-unsur tubuh yang mempengaruhi gerakan sikap lilin adalah kekuatan. Kekuatan adalah kemampuan otot untuk menahan suatu beban dengan waktu yang cukup lama. Tanpa kekuatan seseorang tidak akan bisa berlari cepat, melompat, menarik, menahan, memukul, mengangkat, dan lain sebagainya.
baca juga analisis gerak melempar bola dan vertikal jump

4.    Hal yang disiapkan sebelum melakukan gerakan sikap lilin

            Senam lantai adalah senam yang di lakukan diatas matras atau alas, unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar diudara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang 2 pada saat meloncat kedepan atau kebelakang. Untuk sikap lilin ini sendiri juga membutuhkan matras ubtuk alas badan kita jika akan melakukan sikap lilin tersebut. Tujuannya untuk apa ? yang jelas tujuan utamanya adalah untuk keselamatan dan keamanan seorang athlet ataupun seorang murid ataupun siapa saja yang akan melakukan sikap lilin itu sendiri. Karena keselamatan adalah hal yang harus dan paling diutamakan dalam sebuah olahraga apapun tidak terkecuali senam lantai atau dalam artikel ini pada saat akan melakukan cara sikap lilin.

5.    Aspek penunjang melakukan sikap lilin

            Menurut peneliti ada aspek-aspek tertentu yang dapat diprediksikan sebagai komponen kesegaran fisik yang ada kontribusinya dengan gerakan sikap lilin. aspek kesegaran fisik yang dimaksud antara lain: kekuatan tungkai, kekuatan lengan , kekuatan perut dan kekuatan punggung

6.    Cara Melakukan Sikap Lilin

  • Melakukan sikap lilin dengan awalan jongkok. Pertama kalian harus ambil sikap jongkok, setelah itu taruh kedua tangan di atas matras dan badan membentuk sebuah segitiga sama sisi. Lalu gerakan dahi di antara tangan kanan dan kiri, harus ditengah tengah agar seimbang saat melakukan pengangkatan pinggul.
  • Kedua, angkat kedua kaki dan pinggul keatas, bagi kalian yang baru melakukan senam ini dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukannya agar tidak terjadi kesalahan. Setelah itu Anda dapat berdiri seperti lilin yang tegak keatas. Untuk mendapatkan keseimbangan gunakan kedua tangan sebagai penyangga.
  • Ketiga, untuk sikap lilin dengan permulaan terlentang. Kalian harus tidur terlentang dan kedua kaki lurus rapat, sedangkan kedua tangan lurus berada di samping kanan dan kiri.
  • Selajutnya, padangan lurus keatas, setelah itu angkat kedua kaki dan pinggul bantu menggunakan tangan untuk dorongan kaki ke atas. Kaki harus rapat dengan didorong menggunakan tangan yang berbentuk seperti siku. Pastikan jika kaki dan pinggul Anda lurus, setelah itu jaga keseimbangannya.
  • Dan yang terakhir, saat melakukan pendaratan atau menurunkan kaki harus pelan pelan, hal tersebut agar tidak terjadi cedera.
cara melakukan sikap lilin dari sorotguru
Gambar 2 cara melakukan sikap lilin (angalul.com)
Nah jika kalian belum bisa melakukan gerakan sikap lilin secara mandiri maka carilah teman atau guru olahragamu untuk mendampingi dalam melakukan gerakan sikap lilin. Agar terhindar dari gerakan yang salah dan juga meminimalisir terjadinya cedera. Atau kalian juga bisa loh memanfaatkan tembok yang ada di rumah atau di kamar kalian sebagai media pembantu kalian dalam melatih gerakan sikap lilin. Dan jangan lupa yaaaa harus ada matras atau alas yang empuk untuk menopang tubuh kalian. Ingat jangan sampai olahraga malah membuatmu cedera bukan membuat anda semakin sehat dan bugar hehe

Demikian yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini mengenai cara melakukan sikap lilin dimana sikap lilin sendiri adalah termasuk dalam golongan senam lantai. Oke baiklah tunggu artikel selanjutnya yaa
Jangan lupa untuk tetap terus berolahraga karena sehat itu mahal harganya lohh :D

Related Posts

Begini Sikap Lilin Yang Paling Benar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.